Awal dari Sebuah Perjalanan & Update DIKTI

Setelah 13 bulan berlalu, saya meneruskan artikel tentang spesialisasi atau PPDS di Filipina. Mengapa judulnya ‘Awal dari Sebuah Perjalanan’? Pendidikan spesialis saya telah selesai pada Desember 2015. Dengan demikian, saya sudah resmi menjadi seorang dokter spesialis? Belum, karena masih ada beberapa hal yang harus dituntaskan.

Tempat saya menjalani pelatihan spesialis berbeda dengan FK Indonesia dimana peserta dapat wisuda setelah menyelesaikan research paper atau skripsi, karena saya wisuda terlebih dahulu sementara menunggu skripsi selesai. Itu dikarenakan hambatan yang saya alami sebelum memulai pengumpulan data(data collection), padahal proposal telah diapprove. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memulai pengumpulan data ketika proposal research telah disetujui. Setelah pengumpulan data selesai, mulailah menulis karena hal ini makan waktu paling sedikit tiga bulan, bahkan lebih jika konsulen pembimbing mengatakan masih butuh revisi kanan-kiri. (Tentunya itu lebih baik daripada harus mengulang lagi skripsi baru)

Bila Anda menyelesaikan skripsi tepat pada Desember, maka Anda akan mempresentasikan paper Anda di hadapan kolega-kolega Anda dari spesialisasi lainnya dan akan dinilai oleh para konsulen luar rumah sakit. Kita lebih mengenalnya dengan nama defense atau yurisidium di Tanah Air. Mirip dengan presentasi kasus, Anda harus mempertahankan research Anda. Jika beruntung, mungkin saja skripsi atau paper Anda akan diikut-sertakan dalam Simposium Lokal dan Luar Negeri, bahkan diuat dalam jurnal ilmiah.

Jika Anda kurang beruntung dalam menyelesaikan research, tentunya Anda harus puas dengan menyerahkan research minus defense. Setidaknya Anda sudah banting tulang untuk mengetik, merevisi dan sebagainya. (selama tidak memplagiat), Anda harus bangga atas hasil jerih payah Anda.

Bila sudah selesai skripsi, saya sadar bahwa ini adalah awal dari sebuah perjalanan karena saya masih harus mengisi klirens untuk RS yang bersangkutan. Ini juga hal yang akan Anda jalani setelah selesai pendidikan spesialis.

Saya juga melakukan update tentang proses DIKTI, walaupun saya terlambat. Kini registrasi penyetaraan ijazah lulusan luar negeri dapat dilakukan secara online di situs http://ijazahln.ristekdikti.go.id/. Rekan sejawat dapat meregistrasi data-data dalam formulir registrasi otomatis di situs yang telah saya sebutkan dan memilih tanggal dan bulan kedatangan ke DIKTI pada hari Senin  sampai Kamis, jam 9 pagi-2 sore. Bila ada kesalahan, Anda bisa membetulkannya dengan mengisi formulir pembetulan data.

Seperti sebelumnya, dokumen-dokumen yang diperlukan tetap sama namun dengan beberapa tambahan:

  • Diploma FK atau RS tempat Anda menjalani pendidikan Anda. (Ijazah yang tidak berbahasa Inggris atau tidak ada terjemahan Inggris harus diterjemahkan dan dilegalisir oleh kedutaan besar tempat Anda menjalani pendidikan).
  • Ijazah jenjang sebelumnya atau tempat anda menjalani pendidikan terakhir (Di Indonesia, bisa Surat Tanda Tamat Belajar dari SMU).
  • Transcript of Record(transkrip nilai) dari tempat Anda menjalani pendidikan. (Bagi PPDS, itu tergantung dari RS masing-masing).
  • Disertasi(S3), Tesis(S2) atau Skripsi/tugas akhir (S1) lengkap untuk diberikan pada petugas penyetaraan. Bila tidak berbahasa Inggris, wajib melampirkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang meliputi
    • Judul disertasi/tesis/skripsi
    • Abstrak
    • Kesimpulan
  • Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal internasional bagi S3
  • Katalog/pedoman akademik yang memuat kurikulum pendidikan pada jenjang yang akan Bila tidak berbahasa Inggris, maka wajib diterjemahkan.
  • Fotokopi paspor dan visa selama belajar di luar negeri (lengkap dengan masa studi selama di negara itu)
  • Pasfoto terbaru berukuran 3 x4 cm( 3 foto/diploma)
  • Surat izin tugas belajar yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara
  • (Tambahan) Petugas penilai ijazah dapat meminta kronologis proses pembelajaran dari FK atau RS yang bersangkutan, surat keterangan full student.

Info terakhir yang saya dapatkan adalah proses penyetaraan ijazah akan selesai dalam dua hari bagi perguruan tinggi dan bidang ilmu yang sudah pernah disetarakan.

Seperti artikel sebelumnya, saya sarankan untuk mengurus semuanya sebelum kembalike Tanah Air. Anda bisa membuka: http://ijazahln.ristekdikti.go.id/pp1.php untuk informasi selengkapnya.

Kiranya update ini dapat membantu rekan-rekan sejawat sekalian!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: