Langkah-Langkah dalam Mengurus Adaptasi/Persamaan Dokter LN I

Tulisan ini bermaksud untuk melanjutkan artikel sebelumnya, dimana langkah-langkah dalam mengurus proses adaptasi/persamaan dokter dari luar negeri di Indonesia. Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya,  proses adaptasi telah ditetapkan dalam UU No.29/2004 tentang praktik kedokteran. Maka semua dokter lulusan luar negeri wajib mengikuti adaptasi.

Menurut pengalaman saya sewaktu mengurus adaptasi, ada  tiga tahap yang harus kita ikuti dalam pengurusan adaptasi, yaitu:

  1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dari Kementerian Pendidikan Nasional
  2. Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia
  3. Fakultas Kedokteran dimana kita akan menjalani adaptasi

Mari kita mulai dengan urusan di DIKTI terlebih dahulu. Pertama-tama download formulir pada http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=155&Itemid=234. Isilah formulir itu dengan teliti, atau prosesnya akan bertambah lama. Ada surat –surat yang harus dilampirkan, yaitu:

  • Fotokopi ijazah terakhir di Indonesia (seperti Surat Tanda Tamat Belajar dari SMU)
  • Fotokopi ijazah Fakultas Kedokteran di luar negeri (bagi ijazah yang tidak berbahasa Inggris, Prancis dan Jerman, harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan disahkan oleh Kedutaan Besar tempat belajar atau penterjemah resmi)
  • Fotokopi Transcript of Records/daftar nilai selama belajar di luar negeri.
  • Fotokopi dari dokumen-dokumen seperti Surat Tugas Belajar Setkab/instansi yang bersangkutan (bagi yang ditugaskan pemerintah), surat persetujuan dengan Perguruan tinggi swasta/perusahaan (bagi yang ditugaskan PTS atau perusahaan) dan paspor serta student visa di tempat belajar (bagi yang ditugaskan PTS, perusahaan atau biaya sendiri)
  • Buku katalog atau handbook tentang program pendidikan atau kurikulum yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dalam bahasa Inggris
  • Fotokopi Thesis/Disertasi/Laporan Tugas Akhir (Bila bukan dalam bahasa Inggris, lampirkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang meliputi Judul, Abstrak dan Kesimpulan)
  • Pasfoto terbaru, hitam-putih, ukuran 4x6cm sebanyak 3 lembar.

Sebaiknya bawalah dokumen asli, agar dapat dicocokkan dengan fotokopi-nya. Jangan lupa memberikan fotokopi tersebut kepada Staf Pendidikan KBRI tempat kita belajar, agar dapat disahkan. Kontak DIKTI dapat dilihat pada http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=149&Itemid=316

Saran saya adalah uruslah semua persyaratan di atas selagi belum pulang ke Indonesia. Dengan demikian, Anda akan menghindarkan terbuangnya waktu dan uang hanya untuk mengambil persyaratan-persyaratan yang belum dipenuhi. Lama pengurusan surat-surat di DIKTI kira-kira ½ bulan.  Jadi bersabarlah dan sering-seringlah cek DIKTI hingga semuanya tuntas.

Bila ada kesempatan, saya akan melanjutkan artikel ini dengan urusan di MKDI dan FK pilihan Anda!

Semoga informasi ini dapat membantu kawan-kawan sejawat yang baru pulang dari luar!

About these ads
  1. #1 by raisa janet on September 28, 2011 - 1:39 am

    makasi buat informasinya, tp masih bingung jg mngenai fakultas kedokteran dmana kita akan mnjalani adaptasi, itu pilihan sendiri atau ditentukan ya?
    kalo memang pilihan sendiri, FK mana saja sih yg menerima adaptasi seperti ini?
    kemudian, baiknya mengurus segala surat2 ini kpn ya?kira2 brp lama waktu yg dibutuhkan?
    ternyata agak ribet ya :((

    • #2 by adapz on October 3, 2011 - 12:06 pm

      @raisa
      Sama2…berhubung sibuk, jadi baru bs balas skrg.
      Untuk memilih tempat adaptasi, itu tergantung pilihan kita.
      Biasanya saya anjurkan FK negeri, karena diakui.
      Seperti yg saya tulis di blog saya, uruslah selagi blm pulang ke Indo.
      Mmm, bisa 3 bln. Yah, memang ribet ;P

      Semoga berhasil!

  2. #3 by frida angelina on April 13, 2012 - 6:56 am

    makasih buat infonya… ak juga baru pulang nih dari china n mau adaptasi di indo. rencananya juga pengen ke unpad. SK dr dikti sudah keluar n katanya harus ke KKI sekarang. yang aku bingung, surat permohonan adaptasi itu ditujukan langsung ke dekan FK pilihan kita atau ke ketua KKI ya? karena di daftar persyaratan berkas KKI, ditulis surat permohonan kepada ketua KKI. thx a lot buat bantuannya ya :)

    • #4 by adapz on May 1, 2012 - 12:44 pm

      Halo, frida.
      Terima kasih untuk pertanyaannya. Sesuai tahapan, kita harus membuat surat permohonan ke KKI. Jangan lupa membawa dokumen2 yang diperlukan. Setelah keluar SK dari KKI, kita dapat melanjutkan ke FK pilihan kita. Bila sudah dilakukan, berarti frida berada jalur yang tepat. Semoga sukses!

  3. #5 by NI Hariadi on May 3, 2012 - 6:29 pm

    Hi, there! I stumbled upon your blog while looking for information on adaptation program for Indonesian physicians. Saya skrg sdg menyelesaikan subspecialty training di US, & sdg berpikir2 ttg ambil program adaptasi. Saya ada 2 pertanyaan awal:

    1. Apakah ada link utk melihat daftar universitas asing mana saja yg diakui DIKTI/IDI utk mengambil program adaptasi? Saya coba lihat website DIKTI, tp agak bingung.
    2. Apakah lamanya program adaptasi juga ditentukan dari which university we graduate from? Soalnya saya dengar begitu dari seorang teman.

    Terima kasih banyak! I may have more questions to follow.

    • #6 by adapz on May 19, 2012 - 1:50 pm

      Thank you, Hariadi.
      Akan saya jawab satu per satu

      1. Sebenarnya di website DIKTI ada daftar universitas asing yang diakui. Coba buka thread ini:http://ijazahln.dikti.go.id/rekap_per_pt.php

      2.Lamanya program adaptasi tidak ditentukan dari universitas/rumah sakit mana kita menyelesaikan. Namun lebih ditentukan oleh spesialisasi mana yang kita ambil.
      Penyakit Dalam dan Anestesi bisa selesai cepat dibandingkan spesialisasi lain. Itu menurut kabar yang saya dengar dari kawan-kawan.

      Your welcome!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: