Review Empat Apps iPhone/iPod Touch untuk Kedokteran

Di masa sekarang, kemajuan teknologi sangat pesat. Sekarang ini lagi demam tablet computer yang dimulai dari iPad dan web browser Android. Adik saya pernah membahas keunggulan iPad dan iPod Touch 3G/4G dalam blognya. Keduanya bisa menyerupai computer bilamana kita mendownload aplikasi-aplikasi tertentu (untuk mudahnya kita singkat menjadi apps). Selain itu iPad dan iPod Touch menawarkan kemudahan karena bentuknya yang ringan dan bisa dibawa-bawa.

Dulu para dokter sering membawa-bawa PDA yang berisi banyak buku di dalamnya, sekarang Apple pun tidak mau kalah. Melalui iPad, iPhone dan iPod Touch mereka menawarkan banyak pilihan apps medical yang dapat diakses dengan gratis. Di Indonesia, penggunaan apps medical masih terbatas dengan beberapa alasan: Pertama, keterbatasan gelombang wi-fi. Beberapa apps memerlukan update rutin, sehingga wi-fi mutlak dibutuhkan. Kedua, kalangan kita masih agak ‘gagap teknologi’ (atau ‘gaptek). Saya sendiri baru mengetahui apps ini setahun yang lalu, dan sampai sekarang masih belum bisa memakainya dengan lancar.

Yang terakhir adalah tersedianya data-data klinis dengan cepat. Ketika saya mendapat apps ini, saya mengira ini akan membantu. Ternyata apps medical membutuhkan data-data laboratorium yang cepat untuk memudahkan perhitungan (sayangnya hanya RS sangat bagus yang mampu melakukannya). Bila Anda mengira dapat menentukan diagnosa dengan mengandalkan apps, Anda salah besar! Medical apps di iPad dan iPod Touch, sama seperti tes laboratorium adalah alat penunjang bukan penentu! Jadi masih dibutuhkan keahlian klinis seorang dokter untuk mendiagnosa dengan cepat dan tepat!

Namun demikian, kehadiran apps medical dapat membantu kita untuk mereview apa yang kita pelajari dan melatih kita lebih baik. Sekarang saya akan membahas beberapa aplikasi yang mungkin dapat membantu Anda

1.     Calculate (Medical Calculator)

By QxMD Medical Software

Pernahkah Anda ingin menghitung formula Parkland bagi pasien luka bakar dengan cepat? Atau mengetahui Glasgow Coma Scale (GCS) dengan instant? Aplikasi ini dapat menolong Anda untuk mengakses semua rumus, formula dan table kedokteran dengan cepat mulai dari Formula Parkland, Skor Ranson, GCS,  NYHA Functional Class dan sebagainya.

Calculate menawarkan banyak rumus sesuai dengan spesialisasi masing-masing dari General (umum) hingga Surgery (bedah). Hanya seperti yang saya ungkapkan di atas, Anda setidaknya memerlukan hasil2 lab  dan pemeriksaan fisik untuk bisa menggunakan formula di dalamnya;sebagai contoh formula Parkland kita butuh berapa persen TBSA (Total Body Surface Area/ Area Permukaan Badan Total) yang terkena luka bakar dan berapa berat badan pasien untuk menentukan berapa banyak cairan yang harus diberikan dalam 24 jam pertama.

Jika Anda tidak sanggup melakukan pemeriksaan yang benar. Apps ini mungkin malah menghambat Anda. Dalam keadaan darurat, apps ini mungkin kurang cocok…walau demikian, mereka yang stase di bangsal dapat menggunakannya sebagai sarana latihan.  Dengan latihan, saya kira Anda dapat menggunakan apps ini pada tempat dan waktu yang tepat.

2.     CliniCalc Medical Calculator

By Medicon Apps

Fungsi CliniCalc nyaris mirip dengan di atas, tetapi ada beberapa perbedaan kecil. Contohnya: perhitungan Formula Parkland dalam apps ini menanyakan berat badan, persentase TBSA, jam kejadian dan cairan yang telah diberikan sebelumnya yang akan memunculkan cairan infus initial diikuti dengan pemberian cairan berikutnya.

Kesulitan memakainya juga sama dengan Calculate. Sebaiknya Anda berlatih dulu dengan alat ini.

Tidak jauh berbeda fungsi dengan Calculate, tetapi bila ditanya mana yang saya lebih sukai saya menjawab CliniCalc. Tetapi pilihan tetap di tangan Anda.

3.     ABG Acid-Base Evaluation

By Joshua Steinberg, MD

Kendala yang sering dihadapi oleh para dokter adalah masalah perhitungan asam-basa. Kecuali jika Anda adalah dokter spesialis, mungkin itu menjadi masalah besar jika Anda menjaga pasien dengan sesak nafas. Apps ini mungkin dapat membantu Anda; tidak hanya membantu berhitung tapi juga mengajarkan kepada Anda proses menghitung deficit bikarbonat dan anion gap. ABG Acid-Base Evaluation ini dapat menjadi teman latihan Anda.

Bila ada perhitungan Anda yang salah, ABG Evaluation menawarkan analisa perbandingan sehingga kita dapat meralat apa yang salah.

Tetapi jangan terlalu mengandalkan aplikasi ini. Ini hanya pembantu, tetapi keputusan tetap di tangan Anda sebagai seorang dokter!

4.     3MTM Littman R Sound Builder

By 3M Company

Aplikasi ini dapat menjadi alat latihan untuk mendengarkan bunyi jantung dalam segala situasi. Keunggulannya adalah kita tidak hanya mendengarkan bunyi tersebut, juga melihat bagaimana bunyi tersebut dihasilkan melalui video graphic di dalamnya serta lokasi untuk auskultasi.

Mungkin lebih membantu lagi jika Anda menggunakan stetoskop Littman untuk membandingkan! (Ini bukan promosi, lho!)

Demikianlah review saya mengenai 4 apps iPad/iPod Touch/iPhone/Android Medical.  Semoga teman-teman sejawat dapat menggunakan informasi ini! Kali waktu saya akan membahas apps Medical lainnya.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: